Senin, 30 Mei 2011

Indonesia Butuh 20 Dermaga Cruise

JAKARTA - Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata untuk kapal pesiar (cruise) mancanegara. Apalagi Indonesia adalah negara kepulauan sehingga memiliki potensi wisata bahari yang tinggi. Belakangan ini operator kapal pesiar dunia makin menaruh minat terhadap Indonesia.

"Terjadi peningkatan dari tahun ke tahun. Tahun 2011 cruise calls 178 kapal. Untuk tahun 2012 mencapai 215," kata Direktur Jenderal Pemasaran Kembudpar Sapta Nirwandar dalam jumpa saat pembukaan seminar "Cruise Development of Indonesia: How to Meet The Challenge of The Increasing Tonnage and Capacity of The Cruise Ships", Senin (30/5/2011).

Berbeda dengan paket wisata lainnya, rute tur dengan kapal pesiar sudah dipersiapkan sejak dua tahun lalu. Jadi, jumlah kunjungan kapal pesiar untuk tahun 2011 dan 2012 sudah dapat diketahui sejak dini.

Indonesia Butuh 20 Dermaga CruiseBeberapa kapal pesiar ini bisa memuat penumpang hingga 2.000 orang. Bahkan, mega cruise atau kapal pesiar generasi baru yang berkapasitas lebih banyak pernah mampir ke Indonesia. Salah satunya adalah Rhapsody of The Seas milik Royal Caribbean International berkapasitas 2.453 penumpang pernah berlabuh di Lombok, NTB.

Sapta Nirwandar menjelaskan, pendapatan dari kedatangan kapal pesiar sangat besar. Rombongan wisatawan biasa berlabuh di beberapa daerah wisata, seperti Bali dan NTB. Mereka lalu meneruskan wisata di darat selama 12-24 jam.

"Perkiraannya mereka menghabiskan 50-100 dollar AS per orang. Belum makan selama di kapal pesiar dan lain-lain. Dalam jangka panjang, dampak ekonomi juga besar," kata Sapta.

Sapta melanjutkan, selama ini kendala utama adalah Indonesia belum memiliki pelabuhan berstandar internasional untuk kapal pesiar.

Selain itu, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik menambahkan, karena permasalahan itu kami akan mengerjakan lebih serius dengan mencarikan investor untuk pembuatan dermaga cruise.

"Agar tercapai 20 dermaga cruise dapat tercapai," tutupnya.
(uky)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha